Saturday, October 31, 2009

Mengganti/memasang kampas kopling (RX KING)

Mengganti pelat penerus daya ini, sebenarnya bisa dilakukan sendiri, asalkan mau sedikit belepotan.

1. Sebelum membongkar, keluarkan dulu oli mesinnya. Buka baut dengan kunci ring 17 mm. Setelah itu, tampung oli dalam wadah. Kemudian bukalah bak kopling memakai obeng ketok kembang.

2. Buka keempat baut penekan per kopling pakai kunci 8 mm atau obeng kembang, dan lepaskan kampas kopling lama.

3. Siapkan kampas kopling baru. Sebelum dipasang, cobalah olesi dulu dengan oli di seluruh permukaannya. Itu penting agar kampas tidak aus ketika mesin dihidupkan.

4. masukkan kampas baru ke rumah kopling berselang-seling dengan pelat kopling. Ketika hendak menutup rangkaian kampas kopling dengan hub, perhatikan tanda segi tiga pada hub harus sejajar dengan tanda yang sama pada hub bagian dalam. Jika tidak, rangkaian kopling tidak akan bekerja sempurna, dan bak kopling pun tak akan bisa ditutup. Kemudian rangkai kembali mekanisme kopling dan tuangkan oli mesin.

5. Proses penyetelan terakhir yang paling penting, yakni bikin setelan bebas kampas kopling lebih kendur dibandingkan biasanya. Sebab, kampas kopling akan mengembang akibat panas. Jika disetel jarak bebas normal, kopling akan tertekan seperti setengah kopling dan kampas pun akan cepat habis. Adapun cara termudah penyetelan, yakni dengan memainkan jarak bebas kopling pada tuas tangan kopling.


http://barangjasa.com/forum/roda-2/mengganti-kampas-kopling.html