Saturday, October 31, 2009

Agar karburator dan Motor Tahan Air Hujan



Musim hujan sudah mulai tiba. Repotnya penyakit motor juga bertambah seiring datangnya hujan. Seperti Yamaha Mio atau Nouvo. Jika karbu kemasukan air bikin mogok. Apalagi konstruksi karbu sedikit berbeda dibanding motor yang lain.

Jacky Sulaeman, bos pemilik bengkel Jack Ass di Jl. Haji Mencong, Ciledug, Tangerang kasih penjelasan. Katanya di dalam karbu Mio atau Nouvo, di ruang pelampungnya terdapat plastik pelindung.

Plastik pelindung ini terletak di antara pilot dan main-jet. “Fungsinya aslinya melindungi spuyer supaya tidak mengisap air yang ada di mangkuk karbu,” jelas Jacky yang juga anggota MMC Outsiders itu.

Nah, menurut Jacky, justru plastik pelindung yang menyelimuti spuyer itu malah berisiko menyimpan air. “Akhirnya aliran bensin terhalangi air di plastik yang mirip cangkir itu,” jelas Jacky yang bengkelnya di bawah aliran listrik sutet itu. Awas nyetrum!



Untuk melepas sutet eh plastik pelindung spuyer tidak perlu keahlian khusus. Jacky yang spesialis bengkel skubek itu kasih panduan cara melepasanya. Pertama, tentu harus lepas dulu karburator dari intake manifold.

Untuk menjangkau karbu, di Yamaha Mio harus melepas cover di bawah jok. “Tepatnya di bawah selakangan. Modalnya cukup gunakan obeng kembang kok,” cocor Jacky yang juga jual skubek Cina bekas itu.

Sedang pada Yamaha Nouvo lebih mudah lagi. Cukup lepas tutup mesin di kanan-kiri. Letak cover ini berada di atas dek. Cara melepasnya juga gampang. Cukup gunakan obeng kembang.

Selanjutnya cabut karbu dari manifold. Tentu harus mengendurkan sekrup pengikat di moncong karbu yang manghadap filter udara dan sekrup pengikat di leher angsa.

Tidak perlu harus sampai melepas kabel gas. Langsung saja buka tutup pelampung atau mangkuk karbu. Caranya gunakan obeng kembang untuk mengendurkan 4 sekrup pengikatnya.

Setelah mangkuk terbuka, langsung buka nosel karbu tempat dudukan main-jet. Sebab untuk melepas plastik pelindung spuyer harus melepas nosel lebih dulu. Gunakan kunci ring 7. Tinggal lepas deh noselnya (gbr.1).

Guna melepas plastik pelindung spuyer gampang. Tinggal dicabut (gbr.2). “Langsung lepas kok,” jelas Jacky yang kini terima modifikasi skubek itu.

http://www.motorplus-online.com/index.php/article/tips