Tuesday, December 8, 2009

Ngecek lampu depan mati / redup

Repot apabila malam-malam, lagi asyik-asyiknya naik motor sambil boncengin pacar, tiba-tiba lampu depan redup… redup… dan akhirnya mati, wah repot kalo gitu.
apa yang harus kita lakukan?
begini nih cara ngecek kelistrikan pada lampu depan. kita ambil contoh motor ente adalah motor grand (biar agak tuaan dikit):

1. pertama; perlu tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang berhubungan yaitu ;
1. spull
2. kiprok
3. saklar kanan
4. saklar jauh dekat
5. lampu depan
6. lampu belakang
2. kedua; cek sambungan kabel-kabelnya, diantaranya semua kabel yang berhubungan dengan lampu depan pada motor ini adalah ;
1. spull : kuning dan putih
2. kiprok : kuning, putih dan hijau
3. saklar kanan : kuning, coklat/putih dan coklat
4. saklar jauh-dekat : biru, coklat/putihdan hijau.


3. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna kuning dengan hijau, besarnya tahanan kira2 : 0,02-0,05Ohm, apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
4. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna putih dengan hijau, besarnya tahanan kira2 : 0,02-0,05Ohm apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
5. periksa tegangan (voltase) yang masuk ke kiprok pada saat motor dinyalakan dengan AVOmeter pada posisi AC, dimana kabel kuning berhubungan dengan merah pd AVO dan kabel hijau berhubungan dengan kabel hitam pada AVO
6. besarnya tegangan pada saat ditarik gas adalah maksimal 12-14Volt, apabila dibawah tegangan tersebut, berarti kiprok anda bermasalah., dan minta di lem biru(lempar beli baru).


http://ahass.net/2007/11/lampu_mati/