Tuesday, September 28, 2010

Fungsi dan Pentingnya merawat Filter Udara

Sekadar mengingatkan, kebanyakan orang mungkin melupakan hal satu ini yaitu filter Udara, apalagi jika saringan udara itu terbuat dari kertas. Mereka berpikir dengan menggunakan filter udara berarti bebas perawatan, eit tunggu dulu, “Jika sudah terlampau lama tidak diganti, maka lapisan filter udara akan kelihatan kehitam-hitaman akibat kena kotoran-kotoran yang menempel.

Sebelum lanjut, perlu di ketahui dahulu apa sih fungsi filter udara untuk motor kita? ya filter udara adalah komponen yang berfungsi menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran agar selalu dalam keadaan bersih.

Kemana larinya udara ini? Udara yang sudah disaring tadi kemudian menuju ke ruang pembakaran bersamaan dengan bahan bakar. Dengan bercampurnya udara dg bahan bakar, maka kedua zat ini berubah menjadi gas dan seterusnya menuju ke ruangan silinder.
cecs

Apabila udara yang masuk tadi bercampur dengan zat-zat padat dari luar, seperti debu, pasir atau kotoran-kotoran lainnya, maka tentunya akan berakibat fatal bagi kerja mesin motor, dimana akan berdampak piston, ring dan dinding silinder menjadi aus.

oleh sebab itu perlu adanya perawatan rutin untuk filter udara ini. Motor – motor produksi AHM yang menggunakan 2 jenis filter udara yaitu dari Busa dan kertas, dimana untuk yang menggunakan kertas perawatannya lebih mudah.

Untuk tipe motor yang masih menggunakan busa adalah motor Revo100, Tiger & Mega pro. untuk membersihkan / mencucinya sebaiknya menggunakan solar dan tidak dianjurkan mencuci filter dengan bensin.

Untuk tipe motor generasi Supra X125/Karisma karena bahannya terbuat dari kertas, maka untuk membersihkan filter/saringan udara dapat dilakukan dengan menyemprotnya dengan udara bersih kompresor.

sedangkan untuk beberapa tipe seperti Vario & BeAT TIDAK disarankan untuk di cuci atau bersihkan dengan angin kompresor atau bensin, untuk membersihkannya cukup dengan di lap dengan menggunakan kain bersih. kenapa? karena saringan udara tipe motor ini terbuat dari bahan khusus yang dilapisi dengan oli khusus, apabila di semprot dengan angin, maka kandungan olinya bisa hilang dan penyaringannya tidak sempurna.

Untuk perawatan lainnya adalah dengan MENGGANTI secara periodik saringan udara pada setiap 1 tahun 6 bulan atau 16.000 kilometer.

Harga HET saringan udara untuk motor Honda adalah sbb:
Tipe Motor Harga HET Tipe Supra X 125/Karisma/Revo110/Blade : Rp. 29.600,- Vario/BeAT : Rp. 42.500,- New Tiger : Rp. 53.100 Mega Pro : Rp. 29.000,- CS-1 : Rp. 40.000,-

Semoga tips ini bermanfaat. AND


http://ahass.org/2009/11/pentingnya-merawat-filtersaringan-udara/

Mengapa ban Motor cepat rusak?

Ban motor cepat rusak karena dua hal.
Pertama, karena ulah penjahat menyebar “ranjau” berupa paku atau benda tajam lainnya, yang marak belakangan ini. Kedua, karena kecerobohan pemilik kendaraan.

Membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan bikin ban cepat rusak

Kecerobohan tersebut di antaranya cara berkendara yang “jorok”, seperti sering menghajar lubang atau menabrak benda keras. Kemudian, mereka tidak memerhatikan kondisi komponen yang berkaitan dengan ban. Misalnya, membiarkan tekanan angin kurang atau sering membawa beban yang berlebihan.

Dorari, spesialis OEM Tire PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC, memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban, disertai penyebabnya.
alur_ban1

Perhatikan 4 angka pada dinding ban. Dua angka awal menunjukkan diproduksi minggu keempat. Sedang dua angka terakhir dibuat tahun 2009

Pertama, ban sobek, akibat kurang tekanan angin, lantas menghajar lubang atau menyeret benda tajam (ranjau) cukup jauh. Jika pakai ban dalam, sobek kecil tidak akan membuat ban kempis.

Kedua, ban benjol. Ini menandakan bahwa benang konstruksi di dinding putus. “Biasanya (karena) bagian samping membentur trotoar. “Kalau benjol di tengah, itu lantaran kondisi suspensi mati sehingga ban seperti dibiarkan menahan beban berat kendaraan plus pengendara dan penumpang,” ungkap Dorari.

Ketiga, kembang ban termakan sebelah. Penyebabnya terdiri dari beberapa kemungkinan, seperti kondisi velg yang sudah tidak balance. Kalau menggunakan jari-jari, Dorari menyarankan agar bagian itu disetel ulang. Kemungkinan lain, volume shock sudah tidak seimbang. Dampaknya, “Kerja suspensi pun jadi tidak sama,” sebut Udin, Kepala Mekanik Clara Motor, dealer Honda.

Faktor penyebab lain, bushing swing arm sudah aus sehingga posisi roda oblak dan bikin ban tidak rata ketika menapak di permukaan jalan.
alur_ban

Akibat terlalu lama disimpan atau motor menganggur, permukaan ban retak

Keempat, retak-retak karena terlalu lama disimpan sehingga membuat elastisitasnya berkurang. Lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. Dua angka awal pertanda minggu produksi (bisa minggu pertama, kedua, dan seterusnya), sedangkan dua angka di belakang menandakan tahun produksi.

Nah, dengan informasi ini, semoga pemakaian ban motor Anda bisa lebih lama.




sumber http://ahass.org/2009/10/pemicu-ban-motor-cepat-rusak/