Friday, December 11, 2009

Klakson motor mati/rusak/ tidak berbunyi



Klason sangat vital fungsinya dala kendaraan bermotor
Cukup menjengkelkan, klakson motor tidak berfungsi. Mau menyalip ragu-ragu dan enggak bisa memberi isyarat kalau kita berada di samping pengendara lain. Ngadat-nya klakson lantaran tak pernah mendapat perawatan alias di-cuekin.





Mengatasinya, semprotkan cairan antikarat. Jika sudah diberikan dengan rust protection, tetapi klakson tetap tidak mau berteriak, lakukan langkah kedua.
Mendadak ngadat semprot bagian tombol dengan cairan antikarat
Step berikut adalah memeriksa soket di jaringan kabel, siapa tahu ada yang putus. Untuk mengetahuinya, dibantu dengan alat test pen guna memantau, apakah ada arus listirk atau tidak.
Cek sistem kelistrikan kalau ada yang terputus



Terakhir, membersihkan soket yang ada di belakang bodi klakson. Untuk membuatnya kembali seperti semula, bagian ini cukup diampelas dengan ampelas khusus untuk besi dengan jenis paling halus. Kemudian, di belakang klakson terdapat tempat penyetelan dengan obeng dan tang untuk setting suara. Terus diputar sampai mendapat suara yang ideal.


Periksa juga bagian soket ampelas jika berkarat

http://pinginpintar.com/?p=226

Tuesday, December 8, 2009

Ngecek lampu depan mati / redup

Repot apabila malam-malam, lagi asyik-asyiknya naik motor sambil boncengin pacar, tiba-tiba lampu depan redup… redup… dan akhirnya mati, wah repot kalo gitu.
apa yang harus kita lakukan?
begini nih cara ngecek kelistrikan pada lampu depan. kita ambil contoh motor ente adalah motor grand (biar agak tuaan dikit):

1. pertama; perlu tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang berhubungan yaitu ;
1. spull
2. kiprok
3. saklar kanan
4. saklar jauh dekat
5. lampu depan
6. lampu belakang
2. kedua; cek sambungan kabel-kabelnya, diantaranya semua kabel yang berhubungan dengan lampu depan pada motor ini adalah ;
1. spull : kuning dan putih
2. kiprok : kuning, putih dan hijau
3. saklar kanan : kuning, coklat/putih dan coklat
4. saklar jauh-dekat : biru, coklat/putihdan hijau.

Bore up Honda 100CC (Legenda)

Mendongkrak tenaga mesin Honda 100cc itu susah-susah gampang. penyebabnya, jarak keempat baut silinder terlalu dekat dengan liner atau boring. karena terlalu dekat, susah untuk dibore up gede-gedean, itu karena pilihan diameter piston pengganti jadi terbatas.

kalo enggak tahu cara mengakalinya, memang begitu. tanpa geser baut mesin, paling besar hanya bisa pakai piston 54-55 mm. itu pun, boring sudah tipis dan mesin jadi cepat panas.

untuk mengakali masalah ini, honda legenda dengan 100cc bisa adopsi piston honda Sonic dengan diameter piston 58 – 60mm.

yang mesti dilakukan pertama kali adalah bongkar seluruh mesin, artinya bagian crankcase juga ikut dibuka.

setelah itu, bubut bagian mulut crankcase yang menghadap pantat blok silinder sebanyak 3mm. bagian crankcase tetap kudu dibubut agar boring baru bisa masuk.





kemudian lanjut ke silinder blok sendiri, sebelum memasang atau menentukan liner piston baru, kudu bilang ke tukang bubut, jelaskan papas bagian blok yang punya jarak renggang dengan baut blok sebanyak 2 mm.

jika langkah pertama sudah, lanjut membubut bagian blok yang berjarak lebih rapat. minta ke tukang bubut untuk menyamakan diameter agar berbentuk bulat sepenuhnya.




tapi tukang bubut pasti sudah tahu harus bagaimana selanjutnnya, karena mereka juga biasanya sudah berpengalaman.

nah… setelah itu baru pasang liner baru dengan diameter 60,5 mm, lalu tinggal pasang piston. mau ukuran 58 atau 60 mm, tinggal tentukan sesuai kebutuhan.

setelah semua proses diatas dilakukan, sudah tentu kompresi melonjak dan tenaga lebih yahut…, karena kompresi tinggi, maka alangkah baiknya jika menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi, untuk menghindari ngelitik karena knocking.

demikian, silahkan coba. referensi : (motorplus-19/01/08)
http://ahass.net/2008/01/bore-up-honda-100cc-legenda/#more-191

Tuesday, December 1, 2009

Bongkar Mesin 4 tak (mesin berisik)

Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya

* kunci-kunci standar seperlunya
* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
* bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
* bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
* lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
* balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
* kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
* buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!

tips jitu hemat BBM pada motor/mobil

Cara Pintar Hemat BBM

Tiap kali pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (bbm), media otomotif mencoba memberi tips irit konsumsi bbm. Solusi yang mereka tawarkan macam-macam. Ada yang memfokuskan pada penggunaan teknologi. Ada pula yang menekankan pada gaya berkendara. Salah satu tips menarik dan lengkap sempat astraworld.com temukan di Isuzu News edisi Juli-Agustus 2005.

Berikut cara yang disarankan di media itu:
1. Jangan memanaskan mesin terlalu lama. Hal ini sering terjadi ketika Anda bersiap untuk pergi, misalnya berangkat kerja. Sambil memanaskan mobil, terkadang Anda juga menyempatkan diri untuk melakukan aktifitas lain. Secara tidak sadar, Anda sudah memanaskan mesin cukup lama dan mengakibatkan pemborosan BBM. Memanaskan mesin mobil, sebenarnya hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. Atau, ketika jarum penunjuk suhu mesin sudah mulai bergerak. Itu berarti Anda sudah bisa menggunakan mobil.

2. Jika Anda ingin melajukan mobil lebih cepat, setelah pedal gas ditekan sedikit, langsung saja pindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi. Jangan tunggu sampai putaran mesin naik. Dengan melakukan hal ini saja, Anda sudah bisa menghemat konsumsi bahan bakar sebanyak 5-10 %;